1. Buatlah
dengan satu contoh perusahaan nyata yang universal untuk dapat menjelaskan
tujuan dari perusahaan.
2. Jelaskan
tentang pendekatan bisnis dengan menggunakan contoh perusahaan yang nyata.
3. Terangkan
dengan menggunakan satu perusahaan nyata tentang pengaruh lingkungan intern dan
ekstern (langsung dan tidak langsung)
Jawab :
1. Tujuan
perusahaan
Oriflame
adalah salah satu persahaan kosmetik yang mengalami pertumbuhan bisnis yang
sangat cepat. Oriflame merupakan perusahaan yang dibangun oleh Robert &
Jonas af johnick. Tepatnya tahun 1967, mereka
bersama partner bisnis mereka, Bengt Hellsten membicarakan impian bisnis
mereka. Mereka ingin mempunya bisnis luar biasa dengan produk yang identik
dengan kekayaan alam negeri mereka, Swedia.
Founders
Oriflame, Robert & Jonas af johnick
Mengetahui bahwa wanita Swedia terkenal akan kecantikan
alaminya, mereka berpikir: “Bagaimana jika kita mengemas kecantikan itu dalam
botol?”. Maka mereka mulai memformulasikan produk perawatan kulit berbahan
dasar alami dari Skandinavia, seperti cloudberry, birch bark, dan lainnya. Mereka
mengembangkan formulasi yang aman, efektif, serta dengan wewangian yang lembut.
Seri perawatan kulit Oriflame Swedish Care diluncurkan dalam waktu singkat.
Saat ini, telah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Sejak awal,
Oriflame telah menjadi pelopor “tidak diuji cobakan pada hewan”, jauh sebelum
industri lain melakukan hal ini.
Tujuan dari perusahaan Oriflame yang saat ini masih terus
berkembang adalah menjadikan produk Oriflame yang bergerak dalam bidang kosmetik dan kecantikan menjadi pilihan utama dengan produk yang
berkualitas terbaik bagi para konsumen. Serta menjadi produk terbesar dan mampu berkiprah di dunia
Internasional.
Dikenal oleh semua konsumen dari berbagai mancanegara adalah
salah satu tujuan dari Perusahaan Oriflame Cosmetics yang mereka lakukan dengan
cara memindahkan jantung bisnis Oriflame langsung ke rumah pelanggan.
Tujuan utama dari Oriflame adalah untuk menjual
produk mereka melalui jaringan distributor yang tersebar luas di berbagai
negara. Oriflame percaya bahwa sistem penjualan secara langsung memungkinkan
pelanggan untuk menemukan inspirasi melalui saran dari orang yang mereka
percaya.
Oriflame Cosmetics saat ini adalah perusahaan kosmetik dengan
perkembangan tercepat di dunia. Oriflame memiliki kantor penjualan di 60 negara
dan merupakan pemimpin pasar di lebih dari 30 negara. Jaringan penjualan yang
terdiri dari 2 juta Consultant mandiri yang memasarkan rangkaian lengkap
perawatan kulit, wewangian dan kosmetik berkualitas tinggi.
2. Pendekatan bisnis
Pendekatan bisnis merupakan bagaimana konsep atau cara suatu
perusahaan dapat menarik perhatian konsumen atau masyarakat untuk membeli
produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
Perusahaan Oriflame Cosmetics melakukan pendekatan bisnis
dengan cara peer to peer. Mereka mencoba menanamkan kepada para konsumen bahwa
mereka bisa menggunakan produk Oriflame tanpa harus mengeluarkan uang banyak
karena para konsumen juga bisa sambil berbisnis dan menghasilkan uang. Oriflame
mengembangkan model bisnis jaringan, dimana metode ini menghasilkan gebrakan
yang luar biasa.
Hampir 80% konsumen dari Oriflame menjadi consultant yang
masih terus mengajak masyarakat lain untuk berbisnis dan membuat Oriflame
dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia.
Konsumen yang menjadi consultant biasanya akan diberikan
training dan bernagai macam katalog oleh perusahaan untuk mengenal lebih detail
produk Oriflame agar mereka bisa menjelaskan kembali kepada konsumen baru
tentang produk yang ditawarkan oleh oriflame.
Oriflame cosmetic sendiri mempunyai 5 prinsip operasi untuk
pendekatan bisnis mereka.
a.
Simplicity and cost-efficiency (kesederhanaan dan efisiensi biaya)
karena
Oriflame bergantung pada pengembangan secara terus menerus di segala bidang
operasi, maka mereka harus mendorong semua orang di Oriflame untuk mencari
penyelesaian yang sederhana dan masuk akal dalam permasalahan sehari hari. Hal
ini juga berhubungan dengan masalah biaya. Menekan jumlah biaya akan membantu untuk menekan harga
produk Oriflame yang secara alamiah, pada akhirnya akan menguntungkan bagi
pelanggan.
b. Respect for our environment (menghargai
lingkungan sekitar)
Alam selalu menjadi hal yang penting bagi perusahaan
Oriflame. Mereka menentang penggunaan binatang sebagai bahan percobaan untuk
bahan dasar produk, dan sistem pendekatan dalam bisnis. Menjadi warga
perusahaan yang baik adalah aspek dasar dari operasi Oriflame Cosmetics, dan
itu meliputi perasaan mendalam untuk menghargai alam dan orang lain.
c. Customer focus (fokus pada pelanggan)
Perusahaan harus mendengarkan dengan cermat pada orang yang
membeli produk kosmetik, seperti mendengarkan orang yang membeli melalui
peluang bisnis yang Oriflame tawarkan. Untuk tetap bersaing, mereka harus
memperhatikan dan mengerti dunia sekeliling dan harus dapat beradaptasi dengan
cepat pada perubahan yang diinginkan pelanggan.
d. Concern for people (perhatian terhadap orang orang)
Oriflame dapat didefinisikan sebagai bisnis orang banyak.
Yang dibangun oleh orang-orang berbakat, tak peduli Consultant maupun karyawan,
dan adalah hal penting untuk memperlakukan semua orang dengan baik. Hal ini
termasuk memiliki fokus yang kuat dalam memberikan dorongan, pelatihan, dan
pengembangan diri.
e. Sustainability (kemampuan untuk bertahan)
Beberapa orang melihat peluang bisnis hanya berharap untuk
mendapatkan hasilnya dengan cepat. Tetapi Oriflame tidak demikian, mereka
berencana untuk ada pada waktu yang lama. Oleh karena itu mereka harus
bertindak dari sudut pandang bisnis untuk waktu yang lama, memfokuskan strategi
bisnis untuk pertumbuhan dan stabilitas yang terus menerus.
Contoh katalog Oriflame yang digunakan untuk pendekatan
bisnis perusahaan Oriflame Cosmetics
3. Lingkungan intern dan ekstern
A. Lingkungan intern
Lingkungan intern PT. Orindo Alam Ayu (oriflame) adalah
a. Produk
Produk PT Orindo Alam Ayu yaitu produk
kosmetik yang memakai merek Orioflame semuanya hasil olahan dari dalam negeri,
hanya saja ada sebagian tenaga ahli yang didatangkan dari luar negeri yaitu
Swedia, negara asalnya. Produk kosmetik Oriflame terkenal dengan kualitasnya
yang tinggi dan harga yang terjangkau. Setiap tahun PT Orindo Alam Ayu selalu
memprioritasnya penjualan produk-produk unggulannya yang banyak laku di
pasaran. Berikut uraian produk-produk unggulan
PT Orindo AlamAyu dari tahun 2000-2004.Produk unggulan PT Orindo Alam
Ayu pada tahun 2000 adabeberapa jenis seperti tabel berikut ini :
Tabel Produk
Unggulan PT Orindo Alam Ayu Tahun 2000
Tahun
|
Nama Produk
|
Hasil
Penjualan
|
|
2000
|
-
|
Volare
spring flower
|
29.800 unit
|
|
-
|
Blueberry
facial
|
|
|
|
wash
|
40.500 unit
|
|
-
|
Balancing
foaming
|
|
|
|
cleanser
|
32.100 unit
|
Pada tahun 2000
PT Orindo Alam Ayu mencapai hasil penjualan yang cukup memuaskan dimana produk
blueberry facial wash (rangkaian pembersih wajah) cukup diminati oleh konsumen
di pasaran. Produk unggulan PT Orindo Alam Ayu pada tahun 2001 ada beberapa
jenis seperti tabel berikut ini :
Tabel Produk Unggulan PT Orindo Alam Ayu Tahun 2001
Tahun
|
Nama Produk
|
Hasil
Penjualan
|
|
2001
|
-
|
Blueberry
facial
|
|
|
|
wash
|
36.700 unit
|
|
-
|
Firming
gel toner
|
39.400 unit
|
|
-
|
Aloe
protective
|
|
|
|
mois
turiser
|
49.300 unit
|
|
-
|
Purifying
clay mask
|
52.600 unit
|
Pada tahun 2001
PT Orindo Alam Ayu mengalami peningkatan
hasil penjualan yang cukup memuaskan dimana produk-produk yang
diunggulkan seperti Aloe Protective Moisturiser dan Purifying clay mask terjual
melebihi hasil yang diharapkan. Produk unggulan PT Orindo Alam Ayu pada tahun
2002 ada beberapa jenis seperti pada tabel berikut ini :
Tabel Produk
Unggulan PT Orindo Alam Ayu Tahun 2002
Tahun
|
Nama Produk
|
Hasil
Penjualan
|
|
2001
|
-
|
Aloe
protective
|
|
|
|
mois
turiser
|
48.300 unit
|
|
-
|
Purifying
clay mask
|
51.600 unit
|
|
-
|
Colour
maxishine
|
|
|
|
lipstik
|
50.184 unit
|
|
-
|
Beauty
soap
|
52.900 unit
|
b.
Harga (Price)
Dalam
strategi pemasaran harga merupakan salah satu faktor penting yang harus
diperhitungkan. PT Orindo Alam Ayu menjual produk kosmetik dengan kualitas dan
standar mutu yang tinggi tetapi dengan harga yang terjangkau oleh konsumen
manapun. PT Orindo Alam Ayu memberikan discount harga sebesar 15-20% dari
setiap produk yang dijualnya oleh karena itu tidak mengharuskan produk-produk
PT Orindo Alam Ayu laku keras di pasaran kosmetik Indonesia. Berikut ini adalah
tabel harga produk-produk unggulan PT Orindo Alam Ayu dari tahun 2000-2004.
Tahun
|
Nama Produk
|
Harga
Awal
|
Harga Setelah
Discounty 15-20%
|
|
2000
|
-
|
Volare
spring flower
|
Rp. 179.000
|
Rp. 149.000
|
|
-
|
Blueberry
facial wash
|
Rp. 39.900
|
Rp. 32.900
|
|
-
|
Balancing
foaming
|
|
|
|
|
cleanser
|
Rp. 59.900
|
Rp. 49.900
|
2001
|
-
|
Firming
gel toner
|
Rp. 69.000
|
Rp. 62.900
|
|
-
|
Aloe
protective
|
|
|
|
|
moisturiser
|
Rp. 29.900
|
Rp. 22.500
|
|
-
|
Furifying
clay mask
|
Rp. 29.900
|
Rp. 22.500
|
2002
|
-
|
Colour
maxishine lisptik
|
Rp. 19.900
|
Rp. 15.900
|
|
-
|
Beauty
soap
|
Rp. 9.900
|
Rp. 8.900
|
2003
|
-
|
Whitening
day lotion
|
Rp. 79.000
|
Rp. 59.000
|
2004
|
-
|
Divine
blue
|
Rp. 189.000
|
Rp. 169.000
|
|
-
|
Shampo
birch
|
Rp. 34.900
|
Rp. 32.900
|
c.
Distribusi (place)
Dalam
mendistribusikan produknya PT Orindo Alam Ayu menggunakan beberapa cara :
1.
Melalui agen/distribusi langsung
PT
Orindo Alam Ayu menyalurkan produknya langsung ke agen-agen yang sudah menjadi
distributor PT Orindo Alam Ayu, dimana agen-agen tersebut tidak boleh menjual
produk yang sejenis dengan produk pesaing PT Orindo Alam Ayu. Dengan demikian
konsumen yang membutuhkan produk-produk kosmetik PT Orindo Alam Ayu dapat mudah
mencarinya di agen-agen terdekat.
2.
Melalui sales (IBO)
Selain
menggunakan agen sebagai perantara PT Orindo Alam Ayu juga menggunakan sales
atau IBO sebagai perantara. IBO menjual produk PT Orindo Alam Ayu langsung
kepada konsumen dengan diberikan kemudahan fasilitas transportasi yang memadai
sehingga para IBO tidak kesulitan untuk menemui konsumennya.
d. Promosi (promotion)
Pada
lima tahun terakhir ini PT Orindo Alam Ayu gencar melakukan promosi untuk
meningkatkan volume penjualan. Salah satu strategi yang digunakan oleh PT
Orindo Alam Ayu adalah promotion mix yang meliputi :
1. Penjualan
Perorangan (Personal Selling ) Personal selling biasanya dilakukan oleh
IBO dimana seorang IBO menjadi upline untuk menarik minat konsumen menjadi IBO
downlinenya. Keuntungan menjadi seorang IBO adalah dapat membeli produk
kosmetik PT Orindo Alam Ayu dengan harga yang jauh lebih murah. Selain itu
apabila seorang IBO berhasil mengembangkan jumlah downlinenya menjadi lebih
banyak maka para IBO tersebut berhak mendapatkan bonus khusus dari PT Orindo
Alam Ayu seperti paket hadiah serta tour ke luar negeri sepeti ke Eropa, China
dan Amerika.
2.
Penjualan Promosi PT Orindo Alam Ayu mengadakan penjualan promosi dengan cara
pembagian brosur dan pemberian discout harga mulai dari 15-20%, hal ini
dilakukan untuk memotivasi para konsumen agar tertarik untuk mencoba produk
kosmetik PT Orindo Alam Ayu. Brosur tersebut memberikan gambaran kepada
konsumen mengenai produk yang dibutuhkannya dan para IBO dapat menerangkan
kelebihan-kelebihan, sehingga konsumen merasa tertarik untuk
membeli produknya. Sedangkan pemberian discount biasanya diberikan kepada
konsumen yang sudah menjadi tenaga pemasar/ IBO sehingga akan memicu konsumen
lainnya untuk menjadi seorang IBO juga yang nantinya akan mendatkan discount
dan harga yang jauh lebih murah apabila membeli produk kosmetik PT Orindo Alam
Ayu.
Publisitas
Salah satu cara pendekatan dengan konsumen secara langsung melalui
seminar-seminar yang diadakan oleh PT Orindo Alam Ayu. Tujuan dari seminar-seminar ini adalah untuk memfollow up
para IBO yang mengalami kesulitan dalam memasarkan produk kosmetik PT Orindo
Alam Ayu. Seminar ini juga terbuka untuk masyarakat umum karena dalam seminar
ini juga diadakan pengenalan terhadap PT Orindo Alam Ayu dan produk-produk
kosmetik PT Orindo Alam Ayu.
B. Lingkungan
Ekstern
Lingkungan
ekstern perusahaan Oriflame Cosmetics merupakan lingkungan luar perusahaan.
Pengaruh lingkungan eksternal perusaan Orilame biasanya menimbulkan beberapa
masalah. Masalah-masalah dari luar peruahaan biasanya disebabkan oleh berbagai
faktor misalnya kebutuhan kosmetik para konsumen yang cukup tinggi tetapi
mempunyai daya beli yang terbatas, persaingan harga, discount dan kualitas
produk, persaingan dalam sistem pelayanan serta pembayaran yang memberatkan
konsumen. Selain itu krisis ekonomi juga menjadi kendala bagi pihak perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar