Senin, 03 Desember 2012

TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KE-2




   1.      Buatlah dengan satu contoh perusahaan nyata yang universal untuk dapat menjelaskan tujuan dari perusahaan.
   2.      Jelaskan tentang pendekatan bisnis dengan menggunakan contoh perusahaan yang nyata.
   3.      Terangkan dengan menggunakan satu perusahaan nyata tentang pengaruh lingkungan intern dan ekstern (langsung dan tidak langsung)

Jawab :

    1.      Tujuan perusahaan
Oriflame adalah salah satu persahaan kosmetik yang mengalami pertumbuhan bisnis yang sangat cepat. Oriflame merupakan perusahaan yang dibangun oleh Robert & Jonas af johnick. Tepatnya tahun 1967, mereka bersama partner bisnis mereka, Bengt Hellsten membicarakan impian bisnis mereka. Mereka ingin mempunya bisnis luar biasa dengan produk yang identik dengan kekayaan alam negeri mereka, Swedia.



Founders Oriflame, Robert & Jonas af johnick

Mengetahui bahwa wanita Swedia terkenal akan kecantikan alaminya, mereka berpikir: “Bagaimana jika kita mengemas kecantikan itu dalam botol?”. Maka mereka mulai memformulasikan produk perawatan kulit berbahan dasar alami dari Skandinavia, seperti cloudberry, birch bark, dan lainnya. Mereka mengembangkan formulasi yang aman, efektif, serta dengan wewangian yang lembut. Seri perawatan kulit Oriflame Swedish Care diluncurkan dalam waktu singkat. Saat ini, telah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Sejak awal, Oriflame telah menjadi pelopor “tidak diuji cobakan pada hewan”, jauh sebelum industri lain melakukan hal ini.
Tujuan dari perusahaan Oriflame yang saat ini masih terus berkembang adalah menjadikan produk Oriflame yang bergerak dalam  bidang kosmetik dan kecantikan  menjadi pilihan utama dengan produk yang berkualitas terbaik bagi para konsumen. Serta menjadi  produk terbesar dan mampu berkiprah di dunia Internasional.
Dikenal oleh semua konsumen dari berbagai mancanegara adalah salah satu tujuan dari Perusahaan Oriflame Cosmetics yang mereka lakukan dengan cara memindahkan jantung bisnis Oriflame langsung ke rumah pelanggan.
Tujuan utama dari Oriflame adalah untuk menjual produk mereka melalui jaringan distributor yang tersebar luas di berbagai negara. Oriflame percaya bahwa sistem penjualan secara langsung memungkinkan pelanggan untuk menemukan inspirasi melalui saran dari orang yang mereka percaya.
Oriflame Cosmetics saat ini adalah perusahaan kosmetik dengan perkembangan tercepat di dunia. Oriflame memiliki kantor penjualan di 60 negara dan merupakan pemimpin pasar di lebih dari 30 negara. Jaringan penjualan yang terdiri dari 2 juta Consultant mandiri yang memasarkan rangkaian lengkap perawatan kulit, wewangian dan kosmetik berkualitas tinggi.

   2.      Pendekatan bisnis
Pendekatan bisnis merupakan bagaimana konsep atau cara suatu perusahaan dapat menarik perhatian konsumen atau masyarakat untuk membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
Perusahaan Oriflame Cosmetics melakukan pendekatan bisnis dengan cara peer to peer. Mereka mencoba menanamkan kepada para konsumen bahwa mereka bisa menggunakan produk Oriflame tanpa harus mengeluarkan uang banyak karena para konsumen juga bisa sambil berbisnis dan menghasilkan uang. Oriflame mengembangkan model bisnis jaringan, dimana metode ini menghasilkan gebrakan yang luar biasa.
Hampir 80% konsumen dari Oriflame menjadi consultant yang masih terus mengajak masyarakat lain untuk berbisnis dan membuat Oriflame dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia.
Konsumen yang menjadi consultant biasanya akan diberikan training dan bernagai macam katalog oleh perusahaan untuk mengenal lebih detail produk Oriflame agar mereka bisa menjelaskan kembali kepada konsumen baru tentang produk yang ditawarkan oleh oriflame.
Oriflame cosmetic sendiri mempunyai 5 prinsip operasi untuk pendekatan bisnis mereka.
a.        Simplicity and cost-efficiency (kesederhanaan dan efisiensi biaya)
karena Oriflame bergantung pada pengembangan secara terus menerus di segala bidang operasi, maka mereka harus mendorong semua orang di Oriflame untuk mencari penyelesaian yang sederhana dan masuk akal dalam permasalahan sehari hari. Hal ini juga berhubungan dengan masalah biaya. Menekan jumlah biaya akan membantu untuk menekan harga produk Oriflame yang secara alamiah, pada akhirnya akan menguntungkan bagi pelanggan.
b.      Respect for our environment (menghargai lingkungan sekitar)
Alam selalu menjadi hal yang penting bagi perusahaan Oriflame. Mereka menentang penggunaan binatang sebagai bahan percobaan untuk bahan dasar produk, dan sistem pendekatan dalam bisnis. Menjadi warga perusahaan yang baik adalah aspek dasar dari operasi Oriflame Cosmetics, dan itu meliputi perasaan mendalam untuk menghargai alam dan orang lain.
c.       Customer focus (fokus pada pelanggan)
Perusahaan harus mendengarkan dengan cermat pada orang yang membeli produk kosmetik, seperti mendengarkan orang yang membeli melalui peluang bisnis yang Oriflame tawarkan. Untuk tetap bersaing, mereka harus memperhatikan dan mengerti dunia sekeliling dan harus dapat beradaptasi dengan cepat pada perubahan yang diinginkan pelanggan.

d.      Concern for people (perhatian terhadap orang orang)
Oriflame dapat didefinisikan sebagai bisnis orang banyak. Yang dibangun oleh orang-orang berbakat, tak peduli Consultant maupun karyawan, dan adalah hal penting untuk memperlakukan semua orang dengan baik. Hal ini termasuk memiliki fokus yang kuat dalam memberikan dorongan, pelatihan, dan pengembangan diri.
e.       Sustainability (kemampuan untuk bertahan)
Beberapa orang melihat peluang bisnis hanya berharap untuk mendapatkan hasilnya dengan cepat. Tetapi Oriflame tidak demikian, mereka berencana untuk ada pada waktu yang lama. Oleh karena itu mereka harus bertindak dari sudut pandang bisnis untuk waktu yang lama, memfokuskan strategi bisnis untuk pertumbuhan dan stabilitas yang terus menerus.



Contoh katalog Oriflame yang digunakan untuk pendekatan bisnis perusahaan Oriflame Cosmetics


   3.      Lingkungan intern dan ekstern          
A.    Lingkungan intern
Lingkungan intern PT. Orindo Alam Ayu (oriflame) adalah
                              a. Produk
     Produk PT Orindo Alam Ayu yaitu produk kosmetik yang memakai merek Orioflame semuanya hasil olahan dari dalam negeri, hanya saja ada sebagian tenaga ahli yang didatangkan dari luar negeri yaitu Swedia, negara asalnya. Produk kosmetik Oriflame terkenal dengan kualitasnya yang tinggi dan harga yang terjangkau. Setiap tahun PT Orindo Alam Ayu selalu memprioritasnya penjualan produk-produk unggulannya yang banyak laku di pasaran. Berikut uraian produk-produk unggulan  PT Orindo AlamAyu dari tahun 2000-2004.Produk unggulan PT Orindo Alam Ayu pada tahun 2000 adabeberapa jenis seperti tabel berikut ini :


Tabel Produk Unggulan PT Orindo Alam Ayu  Tahun 2000
Tahun
Nama Produk
Hasil Penjualan
2000
-
Volare spring flower
29.800 unit

-
Blueberry facial



wash
40.500 unit

-
Balancing foaming



cleanser
32.100 unit













Pada tahun 2000 PT Orindo Alam Ayu mencapai hasil penjualan yang cukup memuaskan dimana produk blueberry facial wash (rangkaian pembersih wajah) cukup diminati oleh konsumen di pasaran. Produk unggulan PT Orindo Alam Ayu pada tahun 2001 ada beberapa jenis seperti tabel berikut ini :

                       Tabel Produk Unggulan PT Orindo Alam Ayu  Tahun 2001

Tahun
Nama Produk
Hasil Penjualan
2001
-
Blueberry facial



wash
36.700 unit

-
Firming gel toner
39.400 unit

-
Aloe protective



mois turiser
49.300 unit

-
Purifying clay mask
52.600 unit














Pada tahun 2001 PT Orindo Alam Ayu mengalami peningkatan  hasil penjualan yang cukup memuaskan dimana produk-produk yang diunggulkan seperti Aloe Protective Moisturiser dan Purifying clay mask terjual melebihi hasil yang diharapkan. Produk unggulan PT Orindo Alam Ayu pada tahun 2002 ada beberapa jenis seperti pada tabel berikut ini :
           

Tabel Produk Unggulan PT Orindo Alam Ayu  Tahun 2002

Tahun
Nama Produk
Hasil Penjualan
2001
-
Aloe protective



mois turiser
48.300 unit

-
Purifying clay mask
51.600 unit

-
Colour maxishine



lipstik
50.184 unit

-
Beauty soap
52.900 unit


b. Harga (Price)
Dalam strategi pemasaran harga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhitungkan. PT Orindo Alam Ayu menjual produk kosmetik dengan kualitas dan standar mutu yang tinggi tetapi dengan harga yang terjangkau oleh konsumen manapun. PT Orindo Alam Ayu memberikan discount harga sebesar 15-20% dari setiap produk yang dijualnya oleh karena itu tidak mengharuskan produk-produk PT Orindo Alam Ayu laku keras di pasaran kosmetik Indonesia. Berikut ini adalah tabel harga produk-produk unggulan PT Orindo Alam Ayu dari tahun 2000-2004.


Tahun
Nama Produk
Harga Awal
Harga Setelah Discounty 15-20%
2000
-
Volare spring flower
Rp. 179.000
Rp. 149.000

-
Blueberry facial wash
Rp. 39.900
Rp. 32.900

-
Balancing foaming




cleanser
Rp. 59.900
Rp. 49.900
2001
-
Firming gel toner
Rp. 69.000
Rp. 62.900

-
Aloe protective




moisturiser
Rp. 29.900
Rp. 22.500

-
Furifying clay mask
Rp. 29.900
Rp. 22.500
2002
-
Colour maxishine lisptik
Rp. 19.900
Rp. 15.900

-
Beauty soap
Rp. 9.900
Rp. 8.900
2003
-
Whitening day lotion
Rp. 79.000
Rp. 59.000
2004
-
Divine blue
Rp. 189.000
Rp. 169.000

-
Shampo birch
Rp. 34.900
Rp. 32.900


























c. Distribusi (place)
Dalam mendistribusikan produknya PT Orindo Alam Ayu menggunakan beberapa cara :
1.      Melalui agen/distribusi langsung
PT Orindo Alam Ayu menyalurkan produknya langsung ke agen-agen yang sudah menjadi distributor PT Orindo Alam Ayu, dimana agen-agen tersebut tidak boleh menjual produk yang sejenis dengan produk pesaing PT Orindo Alam Ayu. Dengan demikian konsumen yang membutuhkan produk-produk kosmetik PT Orindo Alam Ayu dapat mudah mencarinya di agen-agen terdekat.
2.      Melalui sales (IBO)
Selain menggunakan agen sebagai perantara PT Orindo Alam Ayu juga menggunakan sales atau IBO sebagai perantara. IBO menjual produk PT Orindo Alam Ayu langsung kepada konsumen dengan diberikan kemudahan fasilitas transportasi yang memadai sehingga para IBO tidak kesulitan untuk menemui konsumennya.

d. Promosi (promotion)
Pada lima tahun terakhir ini PT Orindo Alam Ayu gencar melakukan promosi untuk meningkatkan volume penjualan. Salah satu strategi yang digunakan oleh PT Orindo Alam Ayu adalah promotion mix yang meliputi :
1. Penjualan Perorangan (Personal Selling ) Personal selling biasanya dilakukan oleh IBO dimana seorang IBO menjadi upline untuk menarik minat konsumen menjadi IBO downlinenya. Keuntungan menjadi seorang IBO adalah dapat membeli produk kosmetik PT Orindo Alam Ayu dengan harga yang jauh lebih murah. Selain itu apabila seorang IBO berhasil mengembangkan jumlah downlinenya menjadi lebih banyak maka para IBO tersebut berhak mendapatkan bonus khusus dari PT Orindo Alam Ayu seperti paket hadiah serta tour ke luar negeri sepeti ke Eropa, China dan Amerika.
2. Penjualan Promosi PT Orindo Alam Ayu mengadakan penjualan promosi dengan cara pembagian brosur dan pemberian discout harga mulai dari 15-20%, hal ini dilakukan untuk memotivasi para konsumen agar tertarik untuk mencoba produk kosmetik PT Orindo Alam Ayu. Brosur tersebut memberikan gambaran kepada konsumen mengenai produk yang dibutuhkannya dan para IBO dapat menerangkan kelebihan-kelebihan, sehingga konsumen merasa tertarik untuk membeli produknya. Sedangkan pemberian discount biasanya diberikan kepada konsumen yang sudah menjadi tenaga pemasar/ IBO sehingga akan memicu konsumen lainnya untuk menjadi seorang IBO juga yang nantinya akan mendatkan discount dan harga yang jauh lebih murah apabila membeli produk kosmetik PT Orindo Alam Ayu.
Publisitas Salah satu cara pendekatan dengan konsumen secara langsung melalui seminar-seminar yang diadakan oleh PT Orindo Alam Ayu. Tujuan dari  seminar-seminar ini adalah untuk memfollow up para IBO yang mengalami kesulitan dalam memasarkan produk kosmetik PT Orindo Alam Ayu. Seminar ini juga terbuka untuk masyarakat umum karena dalam seminar ini juga diadakan pengenalan terhadap PT Orindo Alam Ayu dan produk-produk kosmetik PT Orindo Alam Ayu.

B.  Lingkungan Ekstern
Lingkungan ekstern perusahaan Oriflame Cosmetics merupakan lingkungan luar perusahaan. Pengaruh lingkungan eksternal perusaan Orilame biasanya menimbulkan beberapa masalah. Masalah-masalah dari luar peruahaan biasanya disebabkan oleh berbagai faktor misalnya kebutuhan kosmetik para konsumen yang cukup tinggi tetapi mempunyai daya beli yang terbatas, persaingan harga, discount dan kualitas produk, persaingan dalam sistem pelayanan serta pembayaran yang memberatkan konsumen. Selain itu krisis ekonomi juga menjadi kendala  bagi pihak perusahaan.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar