1. Sebutkan perbedaan jenis pasar dan masing-masing berikan 3 contoh
2.
Buatlah skema bauran pemasaran
3.
Sebutkan dan jelaskan tujuan system pemasaran
JAWAB
:
1. Pasar
Konsumen adalah pasar dimana hanya terdapat satu produsen dan
sekelompok pembeli yang membeli suatu barang untuk dikonsumsi secara pribadi,
dan bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut. Contoh dari pasar konsumen
di antaranya adalah pasar beras, pasar sayur mayur, pasar buah-buahan
(bahan-bahan primer,sekunder), pasar yang menjual barang-barang inferior
seperti beras dan lain-lain.
Pasar Industri adalah pasar yang
terdiri dari individu, lembaga, kelompok, atau organisasi yang membeli barang
untuk dipakai kembali, baik langsung ataupun tidak langsung. Kemudian memproduksi
barang lain untuk dijual. Barang yang dibeli adalah barang industri. Contoh
nyatanya adalah petani. Petani digolongkan ke dalam pasar bisnis, sebab mereka
membeli barang yang digunakan untuk diproses lebih lanjut menjadi barang-barang
hasil pertanian. Contoh lainnya adalah industri makanan, minuman, tekstil,
garmen dan sebagainya.
Pasar penjual adalah pasar yang
terdiri dari individu dan organisasi yang membeli suatu barang bukan untuk
dikonsumsi secara pribadi, melainkan untuk dijual kembali. Dengan tujuan untuk
mendapatkan laba. Contohnya adalah pemilik penyewaaan mobil. Mereka membeli
beberapa mobil bukan untuk dipakai secara pribadi, tetapi untuk disewakan
kepada orang lain.
Pasar pemerintah adalah pasar
dimana di dalamnya berisi unit pemerintah. Pemerintah federal, Negara bagian,
dan lokal yang membeli atau menyewa barang dan jasa guna menunaikan fungsi
utama pemerintah. Contoh dari pasar pemerintah adalah PLN, Bank BCA, Bank BRI,
Bank Mandiri dan lain-lain.
2. Berikut ini adalah skema dari bauran pemasaran
Ø
Definifisi Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran atau marketing mix adalah
seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan
pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.
Ø Empat
variabel bauran pemasarn
Bauran pemasaran memiliki empat
variable yang dikenal dengan istilah “4P” (product, price, place, promotion).
Produk
: adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan,
diperoleh, digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan
keinginan konsumen.
Harga
(price) : merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk
mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk
yang ditawarkan. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan
perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya.
Tempat
(place) : merupakan aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi
konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat
memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat yang dibutuhkan.
Promosi
(promotion) : merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan
manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk
yang mereka hasilkan.
3.
Tujuan system pemasaran dapat dibagi menjadi 4
antara lain :
Ø Memaksimalkan
konsumsi
Konsumsi àproduksiàkesempatan kerjaàkemakmuran
Ø Memaksimalkan
kepuasan konsumen
Artinya berusaha membuat konsumen
menyukai produk baik dalam hal mutu, kinerja dan juga pelengkap inovatif yang
baik demi memenuhi kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
Ø Memaksimalkan
pilihan
Artinya tersedianya aneka atau ragam
produk, jumlah, variasi, harga, mutu sebagai banyak pilihan.
Ø Memaksimalkan
kualitas hidup
Banyak barang atau jasa yang bermutu
tinggi yang dimanfaatkan bagi kelangsungan hidup umat manusia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar