Selasa, 04 Desember 2012

TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KE-6


   1.       Sebutkan perbedaan jenis pasar dan masing-masing  berikan 3 contoh
   2.       Buatlah skema bauran pemasaran
   3.       Sebutkan dan jelaskan tujuan system pemasaran
JAWAB :
     1. Pasar Konsumen adalah pasar dimana hanya terdapat satu produsen dan sekelompok pembeli yang membeli suatu barang untuk dikonsumsi secara pribadi, dan bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut. Contoh dari pasar konsumen di antaranya adalah pasar beras, pasar sayur mayur, pasar buah-buahan (bahan-bahan primer,sekunder), pasar yang menjual barang-barang inferior seperti beras  dan lain-lain.
Pasar Industri adalah pasar yang terdiri dari individu, lembaga, kelompok, atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai kembali, baik langsung ataupun tidak langsung. Kemudian memproduksi barang lain untuk dijual. Barang yang dibeli adalah barang industri. Contoh nyatanya adalah petani. Petani digolongkan ke dalam pasar bisnis, sebab mereka membeli barang yang digunakan untuk diproses lebih lanjut menjadi barang-barang hasil pertanian. Contoh lainnya adalah industri makanan, minuman, tekstil, garmen dan sebagainya.
Pasar penjual adalah pasar yang terdiri dari individu dan organisasi yang membeli suatu barang bukan untuk dikonsumsi secara pribadi, melainkan untuk dijual kembali. Dengan tujuan untuk mendapatkan laba. Contohnya adalah pemilik penyewaaan mobil. Mereka membeli beberapa mobil bukan untuk dipakai secara pribadi, tetapi untuk disewakan kepada orang lain.
Pasar pemerintah adalah pasar dimana di dalamnya berisi unit pemerintah. Pemerintah federal, Negara bagian, dan lokal yang membeli atau menyewa barang dan jasa guna menunaikan fungsi utama pemerintah. Contoh dari pasar pemerintah adalah PLN, Bank BCA, Bank BRI, Bank Mandiri dan lain-lain.


   2. Berikut ini adalah skema dari bauran pemasaran

Ø  Definifisi Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran atau marketing mix adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.
Ø  Empat variabel bauran pemasarn
Bauran pemasaran memiliki empat variable yang dikenal dengan istilah “4P” (product, price, place, promotion).
Produk : adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh, digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Harga (price) : merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya.
Tempat (place) : merupakan aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat yang dibutuhkan.
Promosi (promotion) : merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.

    3.       Tujuan system pemasaran dapat dibagi menjadi 4 antara lain :
Ø  Memaksimalkan konsumsi
Konsumsi àproduksiàkesempatan kerjaàkemakmuran
Ø  Memaksimalkan kepuasan konsumen
Artinya berusaha membuat konsumen menyukai produk baik dalam hal mutu, kinerja dan juga pelengkap inovatif yang baik demi memenuhi kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
Ø  Memaksimalkan pilihan
Artinya tersedianya aneka atau ragam produk, jumlah, variasi, harga, mutu sebagai banyak pilihan.
Ø  Memaksimalkan kualitas hidup
Banyak barang atau jasa yang bermutu tinggi yang dimanfaatkan bagi kelangsungan hidup umat manusia.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar