1. Buatlah satu contoh laporan
keuangan
perusahaan riil dan universal (Neraca/ laporan laba rugi)
2. Apa arti dari CSR tentang tanggung
jawab sosial suatu bisnis pada masyarakat dan berilah 1 contoh
perusahaan riil
dan universal untuk implementasi CSR.
3. Jelaskan perkembangan bisnis
internasional pada kurun 5 tahun terakhir dan 10 tahun mendatang.
JAWAB
:
1.
A. ANALISIS LAPORAN
KEUANGAN PT. COCA COLA COMPANY
NERACA KOMPARATIF
18 Desember 2010 dan 2011
(Disajikan
Dalam Jutaan Rupiah)
AKTIVA
|
2010
|
2011
|
Perubahan
|
|||||
Dalam%
|
Dalam rupiah
|
|||||||
Aktiva
Lancar
|
||||||||
Kas
dan setara kas
|
4.271.208
|
4.538.051
|
-5,88
|
(266.843)
|
||||
Investasi jangka pendek
|
623.134
|
227.337
|
174,10
|
395.797
|
||||
Piutang Usaha bersih
|
||||||||
Pihak ke tiga
|
2.087.348
|
2.022.069
|
3,23
|
65.279
|
||||
Pihak yang mempunyai
hubungan istimewa
|
172.734
|
114.332
|
51,08
|
58.402
|
||||
Bukan Usaha
|
||||||||
Pihak ke tiga
|
404.927
|
146.983
|
175,49
|
257.944
|
||||
Pihak yang mempunyai
hubungan istimewa
|
95.962
|
84.447
|
13,63
|
11.515
|
||||
Persediaan Bersih
|
6.061.219
|
4.172.388
|
45,26
|
1.888.831
|
||||
Uang muka dan jaminan
|
266.126
|
239.116
|
11,29
|
27.010
|
||||
Pajak dibayar di muka
|
461.862
|
160.660
|
187,47
|
301.202
|
||||
Beban tanaman
ditangguhkan
|
61.672
|
27.037
|
128,10
|
34.635
|
||||
Biaya dibayar di muka dan
aktiva lancar lainnya
|
92.230
|
76.709
|
20,23
|
15.521
|
||||
Jumlah aktiva lancar
|
14.598.422
|
11.809.129
|
23,61
|
2.789.293
|
||||
Aktiva Tidak Lancar
|
||||||||
Tagihan
pajak penghasilan
|
81.594
|
49.545
|
64,68
|
32.049
|
||||
Piutang
plasma – bersih
|
401.172
|
236.120
|
69,90
|
165.052
|
||||
Aktiva
pajak tangguhan – bersih
|
229.515
|
167.299
|
37,18
|
62.216
|
||||
Penyertaan jangka panjang
dan uang muka untuk pembelian
investasi
|
164.864
|
20.219
|
715,39
|
144645
|
||||
Tanaman perkebunan
|
||||||||
Tanaman menghasilkan –
setelah dikurangi akumulasi
amortisasi
|
3.618.678
|
3.305.778
|
9,46
|
312.900
|
||||
Tanaman belum
menghasilkan
|
1.593.691
|
1.499.069
|
6,31
|
94.622
|
||||
Aset tetap - setelah
dikurangi akumulasi penyusutan
|
9.586.545
|
8.166.816
|
17,38
|
1.419.729
|
||||
Beban ditangguhkan –
bersih
|
564.156
|
477.336
|
18,18
|
86.820
|
||||
Goodwill – bersih
|
4.484.479
|
3.074.823
|
45,84
|
1.409.656
|
||||
Aktiva tidak berwujud –
bersih
|
2.598.148
|
0
|
2.598.148
|
|||||
Aktiva tidak lancar
lainnya
|
1.673.000
|
900.761
|
85,73
|
772.239
|
||||
Jumlah Aktiva Tidak
Lancar
|
24.995.842
|
17.897.766
|
39,65
|
7.098.076
|
||||
Jumlah Aktiva
|
39.594.264
|
29.706.895
|
33,28
|
9.887.369
|
||||
KEWAJIBAN DAN EKUITAS
|
2008
|
2007
|
Perubahan
|
|||||
Dalam%
|
Dalam Rp
|
|||||||
Kewajiban Lancar
|
||||||||
Hutang bank jangka pendek
dan cerukan
|
7.634.711
|
5.734.104
|
33,14
|
1.900.607
|
||||
Hutang
“trust receipts”
|
2.153.921
|
1.205.892
|
78,61
|
948.029
|
||||
Hutang Usaha
|
||||||||
Pihak ketiga
|
2.449.368
|
1.764.253
|
38,83
|
685.115
|
||||
Pihak yang mempunyai hubungan
istimewa
|
65.321
|
71.013
|
-8,01
|
-5.692
|
||||
Bukan
usaha
|
||||||||
Pihak ketiga
|
458.818
|
505.075
|
-9,15
|
-46.257
|
||||
Pihak yang mempunyai hubungan
istimewa
|
208.559
|
124.291
|
67,79
|
84.268
|
||||
Beban
masih harus dibayar
|
1.103.395
|
1.190.093
|
-7,28
|
-86.698
|
||||
Hutang
pajak
|
598.091
|
496.279
|
20,51
|
101.812
|
||||
Pinjaman jangka panjang
yang jatuh tempo dalam
waktu satu tahun
|
||||||||
Hutang obligasi - bersih
|
975.309
|
1.224.464
|
-20,34
|
-249.155
|
||||
Hutang bank
|
606.610
|
567.509
|
6.88
|
39.101
|
||||
Hutang sewa
|
8.058
|
5.704
|
41,26
|
2.354
|
||||
Jumlah Kewajiban Lancar
|
16.262.161
|
12.888.677
|
26,17
|
3.373.484
|
||||
Kewajiban Tidak Lancar
|
||||||||
Pinjaman jangka panjang -
setelah dikurangi
bagian yang jatuh tempo dalam waktu satu tahun
|
||||||||
Hutang bank
|
5.204.922
|
688.719
|
655,73
|
4.516.203
|
||||
Hutang obligasi - bersih
|
1.989.588
|
2.960.430
|
-32,79
|
-970.842
|
||||
Hutang sewa
|
6.088
|
6.549
|
-7,03
|
-461
|
||||
Jumlah pinjaman jangka
panjang
|
7.200.598
|
3.655.698
|
96,96
|
3.544.900
|
||||
Kewajiban pajak tangguhan
– bersih
|
1.888.123
|
1.517.928
|
24,38
|
370.195
|
||||
Estimasi kewajiban
imbalan kerja
|
980.543
|
729.081
|
34,49
|
251.462
|
||||
Kewajiban tidak lancar
lainnya
|
100.944
|
0
|
-
|
100.944
|
||||
Jumlah Kewajiban Tidak Lancar
|
10.170.208
|
5.902.707
|
72,29
|
4267.501
|
||||
Goodwill - bersih
|
2.955
|
3.134
|
-5,71
|
-179
|
||||
Hak minoritas atas aktiva
bersih anak perusahaan
|
4.660.191
|
3.721.828
|
25,21
|
938.363
|
||||
EKUITAS
|
2010
|
2011
|
Perubahan
Persen%
DalamRp
|
|||||
Modal
saham - nilai nominal Rp100 per saham
|
||||||||
Modal
dasar - 30.000.000.000 saham
Modal
ditempatkan dan disetor penuh
|
878.043
|
944.419
|
-7,02
|
-66.376
|
||||
Agio
saham
|
1.497.733
|
1.182.046
|
26,70
|
315.687
|
||||
Selisih nilai transaksi
restrukturisasi antara entitas
sepengendali
|
(1.160.859)
|
(1.051.958)
|
10,35
|
-108.901
|
||||
Laba
yang belum terealisasi atas investasi efek - bersih
|
185.315
|
154.167
|
20,20
|
31.148
|
||||
Selisih perubahan ekuitas
anak Perusahaan
|
1.572.446
|
1.611.683
|
-2,43
|
-39.237
|
||||
Selisih kurs atas
penjabaran laporan
keuangan
|
197.684
|
28.057
|
604,58
|
169.627
|
||||
Modal proforma
|
0
|
63.953
|
-100,00
|
-63.953
|
||||
Saldo laba
|
||||||||
Telah
ditentukan penggunaannya
|
60.000
|
55.000
|
9.09
|
5.000
|
||||
Belum ditentukan
penggunaannya
|
5.268.387
|
4.944.251
|
6,55
|
324.136
|
||||
Modal
saham yang diperoleh kembali
|
0
|
(741.069)
|
-100,00
|
741.069
|
||||
Jumlah
Ekuitas Bersih
|
8.498.749
|
7.190.549
|
18,19
|
1.308.200
|
||||
JUMLAH
KEWAJIBAN DAN EKUITAS
|
39.594.264
|
29.706.895
|
33,28
|
9.887.369
|
||||
LAPORAN LABA RUGI
KOMPARATIF
Tahun
Yang Berakhir Pada Tanggal-tanggal
18
Desember 2010, 2011
(Disajikan
Dalam Jutaan Rupiah)
2010
|
2011
|
Perubahan
|
||
Dalam%
|
Dalam Rp
|
|||
Penjualan
Bersih
|
38.799.279
|
27.858.304
|
39,27
|
10.940.975
|
Beban
Pokok Penjualan
|
29.822.362
|
21.232.761
|
40,45
|
8.589.601
|
Laba
Kotor
|
8.976.917
|
6.625.543
|
35,48
|
2.351.374
|
Beban
Usaha
|
||||
Penjualan
|
2.742.292
|
2.339.821
|
17,20
|
402.471
|
Umum Dan Administrasi
|
1.893.149
|
1.409.282
|
34,33
|
483.867
|
Jumlah
Beban Usaha
|
4.635.441
|
3.749.103
|
23,64
|
886.338
|
Laba
Usaha
|
4.341.476
|
2.876.440
|
50,93
|
1.465.036
|
Penghasilan/(Beban)
Lain-Lain
|
||||
Penghasilan
bunga
|
168.516
|
158.347
|
6,42
|
10.169
|
Beban
bunga dan pendanaan lainnya
|
(1.157.562)
|
(710.615)
|
62,89
|
446.947
|
Laba/(rugi)
kurs – bersih
|
(713.131)
|
13.411
|
-5417,50
|
(726.542)
|
Lain-lain
– bersih
|
(39.476)
|
(296.174)
|
-86,67
|
(256.698)
|
Beban
Lain-lain – Bersih
|
(1.741.653)
|
(835.031)
|
108,57
|
906.622
|
Laba
Sebelum Manfaat (Beban) Pajak Penghasilan
|
2.599.823
|
2.041.409
|
27,35
|
558.414
|
Manfaat/(Beban)Pajak
Penghasilan
|
||||
Tahun
berjalan
|
(1.181.312)
|
(878.006)
|
34,54
|
303.306
|
Tangguhan
|
379.759
|
187.314
|
102,73
|
192.445
|
Beban
Pajak Penghasilan -
Bersih
|
(801.553)
|
(690.692)
|
16,05
|
110.861
|
Laba
Sebelum Hak Minoritas
Atas
Laba Bersih AnakPerusahaan
Dan Penyesuaian Proforma
|
1.798.270
|
1.350.717
|
33,13
|
447.553
|
Hak
Minoritas Atas Laba Bersih Anak Perusahaan – Bersih
|
(782.597)
|
(387.270)
|
102,08
|
395.327
|
Penyesuaian
Proforma
|
18.716
|
16.910
|
10,68
|
1.806
|
Laba
Bersih
|
1.034.389
|
980.357
|
5,51
|
54.032
|
2.
Definisi CSR (Corporate
Social Responsibility) adalah suatu tindakan atau konsep yang
dilakukan
oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk
tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana
perusahaan itu
berada. COntoh bentuk tanggungjawab itu bermacam-macam, mulai dari
melakukan
kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan
lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana
untuk
pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat
yang
bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya
masyarakat yang
berada di sekitar perusahaan tersebut berada. Corporate Social
Responsibility (CSR) merupakan fenomena strategi perusahaan
yang mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya. CSR
timbul sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan
jangka
panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability.
CONTOH
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN) :
STRUKTUR
ORGANISASI
PLN
telah “berkomitmen menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk
meningkatkan
kualitas kehidupan masyarakat, mengupayakan tenaga listrik menjadi
pendorong
kegiatan ekonomi dan menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan
lingkungan”,
PLN bertekad menyelaraskan pengembangan ketiga aspek dalam penyediaan
listrik,
yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan. Untuk itu, PLN mengembangkan
Program
Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud nyata dari
Tanggungjawab Sosial Perusahaan
Wewenang
dan tanggung jawab Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dan
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) PT PLN (Persero), mencakup di
antaranya:
· Menyusun dan melaksanakan kebijakan
pemberdayaan masyarakat di lingkungan perusahaan sebagai bagian dari
tanggung
jawab sosial perusahaan dan CSR dengan lingkup kegiatan Community
relation,
Community Services, Community Empowering dan Pelestarian alam.
· Menyusun dan melaksanakan program
kepedulian sosial perusahaan.
· Menyusun dan melaksanakan program
kemitraan sosial dan bina UKM dan peningkatan citra perusahaan.
· Memastikan tersedianya dan
terlaksananya program pelestarian alam termasuk penghijauan dan upaya
pengembangan citra perusahaan sesuai dengan prinsip Good Corporate
Governance.
3. Perkembangan bisnis internasional 5
tahun terakhir
A. Perkembangan Perdagangan Luar Negeri
Perkembangan
Ekspor
Nilai
ekspor Indonesia hingga bulan Juli tahun 2011 mencapai US$ 116,04 miliar
mengalami peningkatan sebesar 36,5 persen dibanding ekspor periode yang
sama
tahun 2010, yang masih dalam proses pemulihan seiring menurunnya
permintaan
luar negeri akibat krisis global yang terjadi sepanjang tahun 2009.
Peningkatan
ini dipacu oleh peningkatan ekspor migas sebesar 47,4 persen, dan ekspor
non
migas sebesar 33,1 persen.Sementara itu, ekspor pada bulan Juli 2011
mengalami
penurunan sebesar 5,2 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Lebih
rendahnya
nilai ekspor di bulan Juli dibandingkan dengan bulan sebelumnya lebih
diakibatkan oleh turunnya nilai ekspor nonmigas pada bulan Juli 2011
sebesar
7,93 persen. Hingga bulan Juli 2011, ekspor produk industri masih
menjadi
penyumbang terbesar ekspor dengan kontribusinya sebesar 60,8 persen,
diikuti
oleh komoditas pertambangan (16,4persen) dan komoditas pertanian (2,6
persen).
Impor
non
migas mencakup 79,8 persen dari total ekspor, sementara migas 20,2
persen. Jika
sektor pertambangan mencatat pertumbuhan tertinggi yaitu 35,8 persen
sepanjang
tahun 2010, hingga bulan Juli 2011, ekspor produk industri terlihat
tumbuh
lebih cepat dibandingkan dengan komoditas pertambangan dan pertanian,
yaitu
dengan laju sebesar 34,9 persen .Sepanjang tahun 2010, Jepang masih
menjadi
pangsa pasar ekspor nonmigas Indonesia terbesar, dengan kontribusi
sebesar 12,7
persen. Sementara pada tahun yang sama, China menjadi negara tujuan
ekspor
terbesar kedua setelah Jepang, dengan kontribusi sebesar 10,9 persen.
Memasuki
pertengahan tahun 2011, China menyalip Jepang menjadi negara tujuan
ekspor
terbesar Indonesia dengan 11,8% (diikuti Jepang dengan 11,3%).
Perkembangan
Impor
Nilai
impor Indonesia hingga bulan Juli tahun 2011 mencapai US$99,6 milyar
atau
meningkat sebesar 31,9 persen dibanding periode yang sama tahun 2010
yang
besarnya US$75,6 miliar. Sementara pada bulan juli 2011, nilai impor
Indonesia
mencapai US$ 16,1 miliar, meningkat 27,2 persen dibandingkan juli
2010.Impor
migas hingga bulan Juli 2011 meningkat sebesar 51,3 persen dibandingkan
periode
yang sama tahun 2010, sementara impor non migas meningkat sebesar 27,0
persen
(yang dipicu oleh kenaikan nilai ekspor barang konsumsi dan bahan baku
sebesar
masing-masing 35,0% dan 36,0%). Hingga bulan Juli 2011, impor nonmigas
berkontribusi sebesar 79,9 persen dari total impor Indonesia hingga
Bulan Juli
2011, sementara impor migas berkontribusi sebesar 20,1 persen. Impor
bahan baku
masih mendominasi impor Indonesia Jan-Jul 2011 dengan 75,2 persen dari
total
impor nonmigas, diikuti oleh impor barang modal (17,2 persen), dan
barang
konsumsi (7,6 persen). Impor kelompok bahan baku dan barang konsumsi
hingga
bulan Juli 2011 mengalami peningkatan tajam bila dibandingkan periode
yang sama
tahun 2010, menandakan pulihnya sektor industri domestic seiring
pulihnya
tingkat konsumsi masyarakat dan perekonomian pasca krisis global. Hingga
bulan
Juli 2011, negaranegara ASEAN masih menjadi asal impor Indonesia yang
terbesar,
yaitu sebesar 22,5 persen. China menjadi negara asal impor terbesar
kedua
dengan kontribusi sebesar 18,7 persen, diikuti Jepang dengan 13,6
persen.
B. PERKEMBANGAN PERDAGANGAN DALAM
NEGERI
Perkembangan
Indeks Penjualan Ritel
Indeks
penjualan ritel pada periode pada bulan Juli 2011 tercatat sebesar
296,0. Secara
rata-rata, indeks penjualan ritel pada periode Jan-Jul 2011 tercatat
sebesar
262,5.Setelah sempat mengalami penurunan pada bulan Februari 2011,
indeks
penjualan ritel terus mengalami peningkatan hingga bulan Juli 2011.
Kenaikan
tersebut dipengaruhi oleh tren meningkatnya konsumsi masyarakat pada
Hari Raya
Idul Fitri dan masa liburan sekolah.
C. PERKEMBANGAN HARGA KOMODITAS
Harga
Komoditas Bahan Pokok di Pasar Domestik
Periode
Januari-September 2011, harga beras medium, gula pasir, tepung terigu,
dan
minyak goreng curah mengalami tren yang relative stabil, kecuali minyak
goreng
dalam kemasan yang mengalami tren peningkatan harga.Harga beras medium
tertinggi per16 September 2011 terjadi di Jambi (sebesar Rp.8.400,-/kg)
dan
terendah di Gorontalo (sebesar Rp.6.000,-/kg)
Harga
Komoditas di Pasar Internasional
Setelah
sempat mengalami peningkatan sesaat terkait pertemuan OPEC pada tanggal 8
Juni
2011 (saat para anggota gagal menyepakati peningkatan produksi), harga
minyak
mentah pada bulan Juli 2011 turun sebesar 2,1 persen (harga rata-rata
bulan
Juli adalah sebesar US$ 105.9/bbl) akibat pengumuman International
Energy
Agency (IEA) untuk mengeluarkan 60 juta barel minyak ke pasar (yang
diambil
dari persediaan stok strategis) untuk 30 hari kedepan.Semester I tahun
2011,
harga komoditas non-energi naik 3,0 persen, didorong oleh kenaikan harga
pupuk
sebesar 26,0 persen yang diakibatkan oleh tingginya permintaan.
Indonesia dan
Pemulihan Krisis Ekonomi Global
Di
saat pertumbuhan ekonomi global
2011 hanya mencapai 3,9 persen, Indonesia mampu mencapai pertumbuhan
ekonomi
sebesar 6,5 persen. Hal ini merupakan pertumbuhan yang tinggi di saat
dunia
dilanda krisis sejak 2008, sekaligus yang tertinggi di Asia Tenggara dan
tertinggi ke-3 di Asia-Pasifik, setelah Cina dan India. Angka
pertumbuhan 6,5
persen telah menempatkan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan
ekonomi
yang tinggi dalam kelompok G-20, kelompok yang menguasai 85 persen
ekonomi
dunia.
Apa
yang menjadi keberhasilan
pertumbuhan ekonomi Indonesia? Dalam 5 tahun terakhir, sejak krisis
ekonomi
melanda dunia pada 2008, perkembangan ekonomi Indonesia menunjukkan
sinyal
positif, dengan profil ekonomi yang kokoh dan fiskal yang sehat. PDB
sebesar
US$ 854 miliar pada 2011 telah menempatkan Indonesia sebagai negara
ke-16
dengan ekonomi terbesar di dunia. Saat ini PDB Indonesia telah melampaui
sejumlah negara Eropa, termasuk Belanda. Cadangan devisa terus meningkat
sejak
2008, dari US$ 51 miliar menjadi US$ 106,5 miliar (per 30 Juni 2012)
atau
meningkat 109 persen. Pada 2006, Indonesia berhasil melunasi seluruh
utang
kepada IMF sebesar US$ 9,1 miliar. Profil perkembangan ekonomi Indonesia
dalam
kurun 2-3 tahun terakhir ini telah menarik perhatian sejumlah negara,
termasuk
lembaga internasional. Bank Dunia telah memproyeksikan bahwa Indonesia
bersama
Brasil, Cina, India, Korea Selatan, dan Rusia akan menyumbangkan 50
persen
pertumbuhan global pada 2025. Kunjungan Presiden Republik Cek, Kanselir
Jerman,
Direktur IMF, dan Direktur Bank Dunia baru-baru ini ke Jakarta juga
bermaksud
untuk menggali prospek kerja sama dan melakukan diskusi pemulihan
global,
sebagai bentuk apresiasi dunia yang tinggi terhadap keberhasilan
Indonesia
dalam mengelola perekonomiannya. Dunia melihat Indonesia merupakan
negara yang
dapat berperan besar dalam menahan laju perlambatan global dewasa ini.
Dengan
profil ekonomi yang kokoh dan kedisiplinan fiskal yang terjaga dengan
baik,
Indonesia dipandang mampu menjadi raw model bagi negara lain,
khususnya bagi zona Eropa, untuk keluar dari krisis ekonomi yang
berkepanjangan.
Indonesia
juga berupaya mengajak
negara-negara lain untuk bergandengan tangan dalam mencari upaya
pemulihan
global yang masih mendera dunia selama 5 tahun terakhir. Melalui forum
KTT G-20
dan Rio+20, Indonesia telah mendorong komitmen seluruh anggota G-20
untuk turut
serta mengupayakan solusi krisis global, khususnya di kawasan Eropa.
Indonesia
berbagi pengalaman terkait dengan model financial inclusion yang
telah dilakukan selama beberapa tahun ini. Kesepakatan lainnya adalah
komitmen
pembiayaan negara-negara yang dilanda krisis utang, yang menjadi salah
satu
faktor perlambatan ekonomi dunia. Termasuk di antaranya komitmen anggota
G-20
untuk mendukung lembaga-lembaga dunia, seperti IMF dan Bank Dunia, yang
selama
ini merupakan lembaga donor internasional yang banyak mengawal
pertumbuhan
global.
Sebagai
lembaga donor internasional,
IMF tentunya memerlukan dana yang relatif besar. Dana ini tidak hanya
diperuntukkan bagi pemulihan zona Eropa, tapi juga bagi negara-negara
miskin
lainnya, sehingga keseimbangan global dapat terjaga dengan baik.
Indonesia
sangat berkepentingan dalam menjaga keseimbangan ekonomi global ini
untuk
menyokong akselerasi pembangunan dan pemerataan ekonomi nasional.
Tekanan
perlambatan ekonomi global berdampak besar bagi pembangunan ekonomi
nasional.
Hal ini dapat dirasakan dalam 2 bulan terakhir, ketika surplus neraca
perdagangan Indonesia mengalami penurunan, yang salah satunya sebagai
akibat
dari menurunnya permintaan global. Dengan pertimbangan tersebut, sebagai
bentuk
komitmen global dan turut berkontribusi pada penyelesaian krisis ekonomi
global, Bank Indonesia berencana membeli surat berharga (obligasi) IMF
sebesar
US$ 1 miliar. Pembelian surat berharga IMF ini merupakan bentuk komitmen
Indonesia terhadap pemulihan global, yang pada akhirnya juga berdampak
pada
pembangunan ekonomi nasional.
Penempatan
dana melalui pembelian
surat berharga IMF ini tidak menggunakan APBN, karena tercatat sebagai
cadangan
devisa berbentuk surat berharga. Penempatan dana (melalui pembelian
obligasi
IMF) menggunakan cadangan devisa di Bank sentral yang memang selama ini
sebagian di antaranya dibelikan surat berharga, seperti US T-Bonds dan
surat
berharga beberapa negara, seperti dari Australia, Inggris, Kanada, dan
Jerman.
Penempatan dana ini bisa menghasilkan bunga berbasis special drawing
rights (SDR).
SDR ini merupakan cadangan aset internasional IMF yang bisa ditarik
sewaktu-waktu jika dana utama IMF di bawah US$ 100 miliar. Hingga saat
ini,
dana utama IMF sebesar lebih dari US$ 400 miliar. Di sisi lain,
pembelian
obligasi IMF ini diharapkan dapat berdampak terhadap stabilitas ekonomi
dan
keuangan global yang diprediksi akan tetap berisiko dalam 2 tahun ke
depan.
Revisi proyeksi pertumbuhan global pada 2012 dan 2013 merupakan indikasi
masih
besarnya risiko stabilitas ekonomi dan keuangan global yang secara tidak
langsung dapat berdampak bagi perekonomianIndonesia.
Mendukung
upaya pemulihan global
bagi Indonesia merupakan langkah strategi guna memuluskan kepentingan
nasional
karena akan menahan tekanan menurunnya permintaan, menahan volatilitas
nilai
tukar, meningkatkan investasi jangka panjang yang dapat digunakan untuk
pembiayaan infrastruktur, serta meningkatkan sektor riil. Tentunya
langkah ini
dilakukan tanpa mengurangi skala prioritas untuk pembenahan ekonomi
dalam
negeri, di mana sejumlah agenda percepatan pembangunan infrastruktur dan
sistem
logistik nasional dilakukan. Selain itu, upaya ini dimaksudkan untuk
mempersiapkan daya saing nasional (national competitiveness)
dalam
menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) pada 2015. Komitmen untuk
hilirisasi
dan industrialisasi sedang dilakukan untuk memperkuat struktur ekonomi
Indonesia. Investasi dan penciptaan lapangan kerja untuk terus menopang
daya
beli masyarakat merupakan strategi pembangunan di saat terjadi pelemahan
permintaan dari negara tujuan ekspor Indonesia.
Perkembangan Bisnis Internasional 10 tahun mendatang
Laporan HSBC Trade Connection Report 2011 menyebutkan, Indonesia
merupakan salah satu dari empat negara berkembang di Asia, selain India,
Vietnam, dan China, yang akan mengalami pertumbuhan perdagangan
tertinggi
sampai dengan 2025. Empat negara Asia ini masuk dalam lima besar negara
di
dunia yang diperkirakan akan mengalami pencapaian tersebut.
Indonesia sendiri berada di peringkat keempat, setelah Mesir,
India, dan Vietnam. Dalam laporan yang bersumber salah satunya dari HSBC
Trade
Forecast ini, rata-rata pertumbuhan volume perdagangan Indonesia sebesar
7,3
persen per tahunnya. Bahkan, dalam 15 tahun ke depan, total pertumbuhan
perdagangan Indonesia diperkirakan naik sebesar 144 persen. Pertumbuhan
tersebut didorong oleh ekspor komoditas.
Prediksi pertumbuhan perdagangan Indonesia ini sejalan dengan
optimisme pelaku perdagangan antarnegara. Menurut survei HSBC TCI, pada
semester kedua tahun ini, optimisme eksportir dan importir Indonesia
naik 21
poin ke level 144. Hasil survei itu menjadikan pelaku perdagangan
Indonesia
paling optimistis di antara 21 negara di kawasan Asia Pasifik, Timur
Tengah,
Amerika, dan Eropa yang dijadikan sample.
"Tingkat optimisme dari pelaku perdagangan pada survei kali
ini tidak hanya naik secara signifikan, tetapi juga menjadikan eksportir
dan
importir Indonesia memiliki optimisme tertinggi," ujar Nirmala Salli,
Head
of Trade HSBC Indonesia, dalam pernyataan tertulis yang diterima Kompas.com,
Kamis (20/10/2011).
Menurut Nirmala, tren ini penting untuk dicermati karena
berdampak terhadap kebutuhan pelaku usaha terhadap akses finansial
perdagangan.
Sebab, lanjutnya, seiring dengan optimisme naiknya volume perdagangan,
membaiknya kualitas supplier dan buyer, serta
kepercayaan terhadap stabilitas nilai tukar dan regulasi, pelaku bisnis
percaya
diri untuk meluaskan ekspansi keluar negeri. Dan, ekspansi ini tentunya
akan
membutuhkan tambahan modal.
"Kesiapan sektor perbankan diperlukan dalam mendukung hal
ini," ujar Nirmala.
Meskipun pelaku pasar percaya terhadap stabilitas nilai tukar
dan regulasi, kedua hal ini juga bisa menjadi tantangan utama di tengah
optimisme pelaku perdagangan internasional. Menurunnya permintaan
terhadap
produk juga termasuk kendala utama yang kian dikhawatirkan pelaku
bisnis.
Dengan tingkat pertumbuhan perdagangan 7,3 persen per tahunnya,
Indonesia akan
menyumbang 1,3 persen terhadap volume perdagangan internasional dalam 15
tahun
ke depan.
Selain itu, pada tahun 2025 nilai perdagangan Indonesia
diprediksi akan naik menjadi 619,6 miliar dollar AS dari 280,4 miliar
dollar AS
pada tahun 2010.
Perdagangan Indonesia dengan negara berkembang terus tumbuh
Sementara itu, menurut indeks HSBC TCI, pelaku bisnis masih
melihat China dan ASEAN sebagai mitra utama perdagangan Indonesia saat
ini dan
dalam enam bulan ke depan. Jerman juga dipandang sebagai negara dengan
prospek
perdagangan yang positif.
Bagi para importir, mitra utama para pelaku bisnis adalah China,
Singapura, Jepang, Amerika Serikat, dan Malaysia. Sedangkan Jepang,
China,
Amerika Serikat, Singapura, dan Korea merupakan mitra utama eksportir
Indonesia.
Selain itu, berdasarkan HSBC Trade Forecast, dalam jangka waktu
5-10 tahun ke depan, perkembangan perdagangan Indonesia dengan
negara-negara
berkembang lainnya akan semakin signifikan. Ada beberapa koridor
perdagangan
yang memiliki tingkat pertumbuhan paling signifikan, yaitu perdagangan
Indonesia dengan China, Argentina, Rusia, Mesir, India, Ceko, Hongkong,
Meksiko, dan Brasil.
Untuk diketahui saja, HSBC Trade Connection Report 2011
merupakan gabungan dari HSBC TCI yang menangkap optimisme pelaku
perdagangan
internasional dan HSBC Trade Forecast yang merupakan prediksi dari
pertumbuhan
perdagangan pada 5, 10, hingga 15 tahun ke depan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar